Diduga Langgar Hak Cipta, Tri Suaka dan Zinidin Zidan Juga Terancam Pidana 8 Tahun

  • Bagikan
Tri Suaka dan Zinidin Zidan saat tampil di kanal YouTube Anji.

Buletin Banten – Tri Suaka dan Zinidin Zidan tengah tersandung kasus dugaan pembajakan lagu lantaran tak ada permintaan izin kepada pencipta dari lagu-lagu yang mereka cover.

Hal itu disampaikan oleh Arianto, Ketua Advokasi Forum Komunikasi Artis Minangkabau Indonesia (FORKAMI).

Arianto menyebut, manajemen Tri Suaka dan Zinidin Zidan sudah mereka berikan somasi mengenai penggunaan lagu-lagu yang mereka cover tanpa izin dan diunggah ke media sosial.

Tetapi dari somasi pertama, pihak dua musisi itu hanya meminta maaf. Sehingga, FORKAMI mewakili sekira 10 pencipta lagu yang karyanya pernah dibawakan dan di unggah oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan, kembali melayangkan somasi untuk memperjuangkan hak berupa royalti Rp1 miliar per unggahan lagu.

Baca Juga: Tri Suaka dan Zinidin Zidan Disomasi Terkait Royalti Miliaran Rupiah, Diberi Waktu 7 Hari

“Somasi kedua adalah lanjutan dari isi somasi pertama tapi poinnya berbeda. Karena permintaan maaf kita sudah terima, tetapi untuk Rp1 miliar per lagu itu belum dibalas, itu bukan denda, tapi itu hak pencipta lagu,” kata Arianto di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

“Bahwa di dalam UU Hak Cipta dijelaskan, ini Undang-Undang yang bicara, setiap pencipta mempunyai royalti di sana, apabila si pemakai lagu tidak meminta izin, kami berhak meminta seluruh keuntungan ekonomis yang dia dapat,” lanjutnya.

Arianto membeberkan perincian terkait permintaan royalti senilai Rp1 miliar per unggahan lagu. Nominal tersebut sudah dikalkulasi dari segi jumlah penonton, hingga honor yang didapatkan Tri Suaka dan Zinidin Zidan dari manggung.

Baca Juga :  Pilu! Putri Anne Minta Hal Ini ke Arya Saloka Usai Viral Video Dugaan Adegan Terlarang Bersama Amanda Manopo
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.