Cara Hindari Kolesterol Naik Setelah Menyantap Hidangan khas Lebaran, Tips dari Dokter Spesialis Gizi

  • Bagikan

Buletin Banten – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran biasa dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga.

Untuk menemani momen kebersamaan dengan keluarga dan orang tercinta, tidak lupa juga dihidangkan hidangan khas Lebaran yang sudah menjadi tradisi tiap tahun.

Tentu saja hidangan Lebaran yang khas adalah ketupat ditemani dengan berbagai hidangan pelengkap seperti opor ayam, rendang daging, sambal goreng kentang ati dan lainnya.

Hidangan khas Lebaran tersebut tidak diragukan kelezatannya, namun juga mengandung kolesterol tinggi.

Oleh karena itu perlu diperhatikan porsi makan saat menyantap hidangan khas Lebaran tersebut.

Dilansir dari Pikiran Rakyat dalam artikel berjudul “Tips Makan saat Lebaran agar Kolestrol Tidak Naik, Atur Porsi dengan Menu Berikut Ini”, pengaturan porsi makan di hari Lebaran diperlukan agar Anda tidak terkena masalah kesehatan seperti kadar kolestrol jahat naik hingga sembelit.

Sebagaimana dikutip dari Antara, Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi dr. Ida Gunawan, M.S, Sp.GK, M.Kes (K), FINEM dari RS Pondok Indah – Puri Indah memberikan tips makan sehat saat Lebaran.

Pertama, Anda disarankan untuk membagi porsi isi piring yaitu setengah berisi sayuran dan sisanya diisi buah beraneka ragam warna.

Sayuran dan buah mengandung serat yang harus Anda konsumsi dalam porsi seimbang. Hal ini lantaran hidangan Lebaran didominasi kandungan lemak, gula dan garam.

Baca Juga :  Ibu-ibu se-Indonesia Merasa Bersalah, Ternyata Bagian Udang Ini Bisa Berakibat Fatal Apabila Dikonsumsi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.